Alun-Alun Magetan, Jawa timur



     




         Alun-alun merupakan suatu lapangan terbuka yangluas dan berumput yang dikelilingi oleh jalan dan dapat digunakan kegiatan masyarakat yang beragam.


     Pada awalnya Alun-alun merupakan tempat berlatih perang (gladi yudha) bagi prajurit kerajaan, tempat penyelenggaraan sayembara dan penyampaian titah (sabda) raja kepadakawula (rakyat), pusat perdagangan rakyat, juga hiburan seperti "rampogan" acara yang menarik dan paling mendebarkan yaitu dilepaskannya seekor harimau yang dikelilingi oleh prajurit bersenjata.



        Alun - alun Magetan ini terletak di selatan Kali Gandong. Kali Gandong adalah salah satu sungai besar yang membelah Kota Kabupaten Magetan menjadi dua wilayah, utara dan selatan. Diselatan merupakan pusat dari pemerintahan dan diutara merupakan kawasan perdagangan/perekonomian. Alun - alun sendiri terletak sekitar 25m dari bibir Kali Gandong, dikelilingi Masjid Agung Baitussalam disebelah Barat, Pendopo Surya Graha yang merupakan rumah dinas Bupati Magetan disebelah selatan, Kantor Sekretariat Pemkab Magetan disebelah timur, Disebelah utara ada makam Ki Mageti dan beberapa pertokoan dan perkantoran. Alun - alun ini memiliki ke khasan yaitu ada Pohon Beringin yang besar tepat di tengahnya. Pohon ini menambah kesejukan, juga sebagai penghijauan di Kota Magetan. Selain itu kontur alun - alun ini tidak lazim yaitu miring tinggi disebelah barat dan rendah disebelah timur, sehingga ketika upacara menjadi susah untuk pengaturan barisan.  Tapi tidaklah jadi soal yang penting indah, sejuk dan masih segar udara dialun-alun magetan.Semoga dengan kesegaran udaranya ini menjadi aparatur pemerintah Kabupaten Magetan lebih bersemangat untuk bekerja untuk tujuan Msayarakat Magetan yang Sejahtera.  
    Di Alun-alun Magetan juga banyak terdapat tempat hiburan yang mendukung kegiatan warga magetan yaitu : Lapangan basket, Tempat yang menyediakan Wifi, Tempat untuk para pedagang berjualan, kalau malam hari terdapat "Becak cinta", dll. Di sekitar alun-alun juga banyak terdapat  tempat-tempat seperti : toko perlengkapan sekolah, rumah makan, PLN, Masjid, Perpustakaan, dll.












      Ini ada sedikit video  alun-alun magetan saat ini.............








 

Komentar

Postingan Populer